KPCPEN: wartawan berperan dalam menyebarkan informasi tentang vaksinasi

1 min read

KPCPEN: wartawan berperan dalam menyebarkan informasi tentang vaksinasi

Jakarta (ANTARA) – Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menilai peran wartawan dan media sangat penting dalam menyebarluaskan informasi tentang vaksinasi COVID-19.

“Sebagai ujung tombak media, wartawan berperan penting dalam menyampaikan informasi mengenai vaksinasi dan pemulihan ekonomi nasional,” kata Kepala Komunikasi Publik KPCPEN Rosarita Niken Widiastuti, saat webinar “Vaksinasi Untuk Negeri”, Sabtu.

KPCPEN melihat masih banyak hoax yang beredar tentang vaksinasi, misalnya tentang efektivitas dan keamanan vaksin COVID-19 yang dapat menyebabkan keengganan masyarakat untuk mendapatkan vaksin jika sudah tersedia.

“Di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, masih sedikit masyarakat yang enggan atau tidak percaya dengan vaksinasi. Ini kendala terbesar dalam melaksanakan dan melindungi masyarakat dari penyakit berbahaya yang sebenarnya bisa dicegah dengan vaksin. “kata Niken.

Untuk itu, KPCPEN meyakini bahwa media perlu terlibat aktif dalam komunikasi publik tentang COVID-19 di Indonesia.

Terkait hoaks terkait COVID-19 sendiri, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menemukan 2.000 konten di media sosial, berdasarkan data per 19 Oktober.

Data internal Kominfo menunjukkan dari 23 Januari hingga 18 Oktober terdapat 2.020 konten hoax tentang COVID-19 di media sosial, sedangkan yang sudah terungkap.menjatuhkan) sebanyak 1.759.

KPCPEN merupakan komite yang dibentuk oleh pemerintah dalam pemulihan ekonomi dan penanggulangan penyakit virus corona 2019 dan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Panitia dibentuk pada 20 Juli 2020 sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020.[3][4]

KPCPEN mengintegrasikan kewenangan Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 yang sebelumnya memegang peran sentral dalam kewenangan penanggulangan dampak COVID-19 dengan kewenangan kementerian / lembaga lain untuk mempercepat pemulihan ekonomi akibat corona. pandemi virus.

Panitia tersebut diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, disusul Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir sebagai direktur utama.

Baca juga: Erick: Bantuan Kuota Data Internet Jaga Kualitas Sumber Daya Manusia

Baca juga: Erick Thohir: Pemerintah terus berupaya mempercepat ketersediaan vaksin

Baca juga: Erick Thohir: Pemerintah Proaktif Sambut PSBB Jakarta

Reporter: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
HAK CIPTA © ANTARA 2020



Sumber

Xiaomi menyusul Apple menjadi vendor ponsel No.3 di dunia

Jakarta (ANTARA) – Laporan firma riset teknologi informasi Gartner menunjukkan Xiaomi berhasil mengungguli Apple untuk pertama kalinya pada kuartal ketiga 2020. Xiaomi menjual 44,4...
Raharja Jiwasraya
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.