Hidayat Rahmat Saya suka goreng singkong.

Sesar Sisam Yang Tiba-Tiba Pecah

1 min read

Sesar Sisam Yang Tiba-Tiba Pecah



Sesar Sisam Yang Tiba-Tiba Pecah

Komunitasguru.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa Turki berkekuatan 7,0 SR yang mengguncang Provinsi Izmir, Jumat (30/10/2020), dipicu oleh aktivitas Sesar Sisam (Sesar Sisam) di Laut Aegea.

Dulu di lokasi ini memang ada beberapa gempa kuat yang kerap menelan banyak korban, kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono di Jakarta, Sabtu (31/10 /). 2020).

“Sejarah gempa mencatat bahwa di sekitar Sesar Sisam pernah terjadi beberapa gempa kuat di masa lalu, seperti gempa tahun 1904 berkekuatan 6,2 SR dan gempa 1992 berkekuatan 6,0,” kata Daryono seperti dikutip Antara.

Dijelaskannya, Sesar Sisam merupakan sesar aktif dengan mekanisme gerakan ke bawah (sesar normal) dengan panjang lintasan sesar sekitar 30 km.

Baca juga:
Sejumlah fakta gempa Turki, sejarah dan kemiripannya dengan Indonesia

Sesar Sisam di dekat Pulau Samos, kata dia, meletus di dekat Menderes Graben, kawasan yang memiliki sejarah panjang gempa dengan sesar normal.

“Karena mekanisme sesar bergerak ke bawah dan hiposentrum gempa sangat dangkal, hanya sekitar 6 km, wajar saja kalau gempa tersebut memicu tsunami,” ujarnya.

Gempa Turki berpusat di Laut Aegea, sekitar 17 kilometer dari pantai barat Turki. Gempa terjadi pada pukul 13.51 waktu setempat. Guncangan dirasakan hingga Athena di Yunani, Istanbul di Turki, dan menyebar ke Bulgaria dan Makedonia Utara. Gempa Turki menyebabkan kerusakan pada banyak bangunan, termasuk rumah dan gedung bertingkat di wilayah Izmir.

Daryono menuturkan, hingga saat ini sudah lebih dari 100 gempa susulan dengan kekuatan 5,1 skala richter terbesar sejak mainshock terjadi.

Menurutnya, kawasan Laut Aegea secara historis merupakan kawasan yang rawan gempa dan tsunami, dengan peristiwa tsunami yang paling terakhir adalah tsunami yang merusak di Bodrum, Turki, akibat gempa berkekuatan 6,6 pada tahun 2017.

Baca juga:
Korban Gempa Tewas di Turki Jadi 19 orang, 709 lainnya luka-luka

“Gempa bumi ini menjadi pelajaran penting bagi kita semua yang tinggal di wilayah Indonesia dengan kondisi seismik aktif dan memiliki banyak garis patahan aktif di dasar laut, sehingga perlu ditingkatkan kesadaran akan gempa dan tsunami dengan memperkuat upaya mitigasi baik mitigasi struktural maupun nonstruktural. , “kata Daryono. .

)(); window._fbq = window._fbq || []; window._fbq.push(['track', '6034302946714', 'value':'0.00','currency':'USD']);



Sumber

Hidayat Rahmat Saya suka goreng singkong.

Xiaomi menyusul Apple menjadi vendor ponsel No.3 di dunia

Jakarta (ANTARA) – Laporan firma riset teknologi informasi Gartner menunjukkan Xiaomi berhasil mengungguli Apple untuk pertama kalinya pada kuartal ketiga 2020. Xiaomi menjual 44,4...
Raharja Jiwasraya
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.