Hidayat Rahmat Saya suka goreng singkong.

Ilmuwan Mengungkap Jenis Bahan Masker Wajah Buatan Sendiri Yang Paling Efektif

1 min read

Ilmuwan Mengungkap Jenis Bahan Masker Wajah Buatan Sendiri Yang Paling Efektif


Komunitasguru.com – Masker wajah bedah saat ini menjadi prioritas bagi tenaga medis. Sementara itu, masyarakat dapat menggunakan jenis masker wajah lain untuk mengurangi penyebaran virus Corona (Covid-19).

Masker wajah langka, sehingga kebanyakan orang membuat masker sendiri dari bahan-bahan yang mudah didapat, dan penting untuk mengetahui jenis masker wajah buatan yang paling efektif.

Dalam sebuah studi baru-baru ini, para ilmuwan dari Universitas Cambridge dan Universitas Northwestern meneliti keefektifan berbagai masker dan kain terhadap partikel virus 0,02 dan 0,1 mikrometer pada tingkat batuk orang dewasa.

Selain itu, para ahli mengevaluasi ketahanan pernafasan masing-masing bahan masker untuk melihat bahan mana yang paling cocok untuk pembuatan masker wajah agar penggunanya tidak merasa sesak saat menggunakannya.

Baca juga:
Petugas yang membuka kedoknya ditegur, malah mengatakan ‘Masker untuk orang sakit, kan?’

Batuk adalah gejala infeksi pneumonia misterius di China.  (Shutterstock)
Ilustrasi batuk menggunakan masker. (Shutterstock)

“Ada kepanikan tentang seberapa efektif jenis masker wajah lainnya. Sebagai seorang insinyur, saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang itu, seberapa baik bahan yang berbeda bekerja dalam berbagai kondisi dan apa yang paling efektif,” kata Eugenia O’Kelly dari Departemen Teknik di University of Cambridge, seperti dikutip Ilmu IFL, Sabtu (31/10/2020).

Temuan para ahli menunjukkan bahwa masker wajah, yang terbuat dari kain biasa yang berlapis, dapat membantu menyaring partikel yang sangat halus dan memberikan perlindungan bagi pemakainya saat masker wajah komersial tidak tersedia.

Untuk penelitian tersebut, tim ahli menghubungi grup penjahit online untuk melihat bahan apa yang telah mereka uji, membuat masker wajah sendiri, dari tas vakum hingga jeans denim dan kaus kaki lipat.

Meskipun banyak bahan masker buatan sendiri yang efektif memblokir partikel, bahan ini tidak cocok untuk digunakan sebagai masker karena ketahanan pernapasannya saat diuji oleh anggota tim.

“Masker yang memblokir partikel dengan sangat baik tetapi membatasi sirkulasi udara bukanlah masker yang efektif. Denim, misalnya, cukup efektif dalam memblokir partikel, tetapi sulit bernapas, jadi mungkin bukan ide yang baik untuk membuat masker wajah dari jeans lama, “O ditambahkan. ‘Kelly.

Baca juga:
Studi Baru: Masker Dapat Mengurangi Penyebaran Virus Corona Secara Signifikan

Ilmuwan berharap data yang disajikan akan membantu banyak orang yang tidak memiliki akses untuk membeli atau mendapatkan masker komersial. Seperti yang ditunjukkan penelitian lain, kain berlapis tampaknya paling efektif untuk masker buatan sendiri.

)(); window._fbq = window._fbq || []; window._fbq.push(['track', '6034302946714', 'value':'0.00','currency':'USD']);



Sumber

Hidayat Rahmat Saya suka goreng singkong.

Xiaomi menyusul Apple menjadi vendor ponsel No.3 di dunia

Jakarta (ANTARA) – Laporan firma riset teknologi informasi Gartner menunjukkan Xiaomi berhasil mengungguli Apple untuk pertama kalinya pada kuartal ketiga 2020. Xiaomi menjual 44,4...
Raharja Jiwasraya
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.