Hartono Wijaya Belajar menulis di website.

WhatsApp Terguncang oleh Berbagai Masalah Keamanan

54 sec read

Tentang Pegasus, Spyware WhatsApp yang Mengerikan



Jakarta

Tidak bisa disangkal, Ada apa adalah jaringan perpesanan paling populer di dunia, dengan lebih dari dua miliar pengguna dan 100 miliar pesan dikirim setiap hari.

Namun, semakin besar jumlah penggunanya, semakin banyak orang yang berusaha mencari celah keamanan di jaringan milik Facebook ini. Belum lagi tekanan dari pemerintah sejumlah negara yang terus meminta akses backdoor ke WhatsApp.

Berikut beberapa masalah keamanan WhatsApp yang telah terungkap:

1. WhatsApp mengungkap enam lubang keamanan

WhatsApp mengungkap adanya enam lubang keamanan, yang untungnya semuanya telah ditambal.

Celah tersebut diketahui dari laporan di situs keamanan khusus yang disediakan oleh Ada apa, dan di masa mendatang akan menjadi sumber informasi tentang semua pembaruan keamanan dan Kerentanan dan Eksposur Umum (CVE).

Lima dari enam pengungkapan keamanan telah ditambal pada hari yang sama ketika ditemukan. Sedangkan yang lainnya baru bisa ditambal beberapa hari kemudian.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa celah tersebut sebelumnya telah dimanfaatkan oleh para peretas. Namun WhatsApp mengaku belum menemukan bukti bahwa celah ini telah dieksploitasi.

Sekitar sepertiga dari semua celah diidentifikasi melalui Program Bug Bounty WhatsApp. Sementara sisanya dipulihkan dari pemeriksaan rutin dan juga dengan otomatisasi sistem mereka.

Menemukan dan memperbaiki kerentanan ini sangat penting bagi WhatsApp, terutama karena mereka memiliki banyak sekali pengguna, sekitar dua miliar pengguna di seluruh dunia. Banyaknya pengguna membuat WhatsApp menjadi incaran para peretas yang mencari celah.

Situs tempat mereka mempublikasikan pembaruan keamanan dan berbagai informasi lainnya merupakan bagian dari upaya WhatsApp untuk melakukan transparansi terhadap lubang keamanan di jaringan milik Facebook.

Ada apa, NSO, dan Pegasus di halaman berikutnya




Sumber

Hartono Wijaya Belajar menulis di website.

Xiaomi menyusul Apple menjadi vendor ponsel No.3 di dunia

Jakarta (ANTARA) – Laporan firma riset teknologi informasi Gartner menunjukkan Xiaomi berhasil mengungguli Apple untuk pertama kalinya pada kuartal ketiga 2020. Xiaomi menjual 44,4...
Raharja Jiwasraya
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.