Deni Demian Perkenalkan saya Deni Demian Renovtri salah satu tenaga pengajar di SDN 1 Nawin Hilir

Cukup kerja! Waktu habis karena kesibukan kerja tidak selalu berarti Anda sukses dan cepat kaya

3 min read

Cukup kerja!  Waktu habis karena kesibukan kerja tidak selalu berarti Anda sukses dan cepat kaya


Kata orang, cukup kerja. Tetapi bagi Anda justru sebaliknya. Berangkat pagi-pagi sekali, lembur sampai tengah malam. Terkadang Anda tidak pulang. Jam kerja super sibuk, terkadang lupa makan siang. Akhir pekan yang seharusnya menjadi waktu istirahat tidak dapat berfungsi dengan baik. Hidup dan waktu Anda dihabiskan untuk bekerja.

“Kerja saja, kamu pasti punya banyak tabungan ~”

Sekilas terlihat keren menjadi orang yang super sibuk dan punya banyak hal untuk dikerjakan. Namun, mereka yang terlihat super sibuk belum tentu sukses dan kaya mendadak. Padahal, bekerja berlebihan dan melupakan banyak hal justru akan membuat Anda kehilangan kesempatan untuk menjadi sukses dan kaya. Mengapa? Karena beberapa hal berikut ini Anda lewatkan.

1. Waktu yang Anda habiskan untuk bekerja ada dua. Anda melakukan banyak hal, atau Anda bisa lambat dalam menyelesaikan pekerjaan

Cukup kerja!  Waktu habis karena kesibukan kerja tidak selalu berarti Anda sukses dan cepat kaya

bagaimana pola kerjamu? melalui www.pexels.com

Kenapa kamu super sibuk dan pekerjaan yang seolah tak ada habisnya, bisa bermakna untuk beberapa hal. Mungkin pekerjaan Anda terlalu banyak sehingga melebihi batasan Anda. Bisa juga, Anda belum menemukan pola kerja yang efektif, sehingga butuh waktu lama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Atau mungkin Anda belum memiliki manajemen waktu yang apik, sehingga Anda kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Pada akhirnya, pekerjaan menumpuk dan membuat Anda harus tetap bekerja di luar jam kerja.

2. Terlalu semangat bekerja sehingga sering lupa waktu makan dan istirahat. Ujung-ujungnya, maag kambuh dan Anda harus keluar dana sehat

Cukup kerja!  Waktu habis karena kesibukan kerja tidak selalu berarti Anda sukses dan cepat kaya

lewati makan siang lewat 123rf.com

Demi pekerjaan selesai tepat waktu hingga melewatkan makan siang. Sekali atau dua kali masih bisa ditoleransi, tetapi semakin sering Anda melakukannya, semakin Anda kehilangan diri. Pola makan yang berantakan tentunya berdampak buruk bagi kesehatan Anda, dan Anda juga harus ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Biaya-biaya yang semestinya dihemat atau dikeluarkan untuk hal-hal lain, sehingga digunakan untuk dana kesehatan yang tentunya tidak sedikit. Jika sudah begini, Anda masih ingin bekerja terus-menerus hingga lupa menjaga diri lagi?

3. Tidak ada lagi waktu untuk berolahraga dan mengatur gaya hidup sehat. Ke depan kesehatan Anda akan terancam dan bayangkan berapa biayanya?

Cukup kerja!  Waktu habis karena kesibukan kerja tidak selalu berarti Anda sukses dan cepat kaya

tidak punya waktu untuk berolahraga lagi lewat www.pexels.com

Bukan sekedar pola makan yang baik, tubuh juga perlu bergerak. Olahraga secara teratur akan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit, baik saat ini maupun nanti di hari tua. Namun, saat ini waktu Anda habis untuk bekerja. Bahkan di akhir pekan pun, jika tidak ada waktu lembur, Anda terlalu lelah untuk berolahraga. Mereka yang ada di sana bahkan tidur sepanjang hari. Dengan pola makan yang buruk dan olahraga yang sangat tidak memadai, kesehatan masa depan Anda dipertaruhkan. Sayang kan, kalo kerja keras kalian baru habis ke rumah sakit nanti?

4. Menghabiskan waktu di kantor membuat Anda kehilangan peluang untuk berjejaring. Padahal masih ada lagi tautan, semakin banyak peluang untuk mendapatkan rezeki kan?

Cukup kerja!  Waktu habis karena kesibukan kerja tidak selalu berarti Anda sukses dan cepat kaya

tidak punya waktu untuk nongkrong lewat www.pexels.com

Salah satu tips sukses adalah membangun tautan sebanyak mungkin. Dengan jaringan kuat, Anda akan mendapatkan banyak kemudahan dan peluang baru untuk datang. Siapa tahu, seseorang yang Anda temui saat nongkrong sepulang kerja ternyata bisa mewujudkan impian Anda menjadi seorang pengusaha. Mungkin juga dari bergaul biasa dengan teman, Anda ditawari proyek freelance yang bisa menambah penghasilan. Semakin banyak orang yang Anda kenal, semakin banyak pintu yang terbuka. Sangat disayangkan jika Anda hanya menghabiskan waktu Anda di meja kerja.

5. Anda tidak punya waktu untuk mengembangkan diri karena waktu Anda terbuang percuma. Jangan kaget jika Anda begitu macet disana dan disana

Cukup kerja!  Waktu habis karena kesibukan kerja tidak selalu berarti Anda sukses dan cepat kaya

Anda berhenti di sini melalui www.pexels.com

Terkadang Anda merasa menghabiskan waktu bekerja adalah bentuk totalitas. Anda ingin memberikan yang terbaik dari apa yang Anda miliki, sehingga Anda menghabiskan banyak waktu untuk bekerja. Sampai-sampai Anda kehabisan waktumeningkatkan ketrampilan-kamu itu. Anda tidak lagi punya waktu untuk membaca buku dan menambah wawasan baru. Padahal, salah satu bentuk totalitas dalam bekerja adalah pengembangan diri. Dengan begitu, performa dan performa Anda juga akan meningkat, kan.

6. Lalu bagaimana ketrampilan dan hobi Anda yang lain? Itu bisa menghasilkan uang bagi Anda, tetapi Anda mengabaikannya karena Anda menghabiskan waktu untuk bekerja

Cukup kerja!  Waktu habis karena kesibukan kerja tidak selalu berarti Anda sukses dan cepat kaya

tinggalkan hobi lewat www.pexels.com

Anda dulu memiliki hobi yang membuat Anda bahagia. Bermain musik, menulis, membuat sketsa, hingga membuat kerajinan tangan. Dulu kamu masih punya banyak waktu, jadi masih bisa menekuni hobi setelah bekerja. Namun, sekarang waktumu habis untuk bekerja. Lambat laun hobi Anda yang dulu tenggelam. Aku merindukanmu, tapi, apa lagi yang bisa kamu lakukan? Sangat disayangkan jika Anda harus meninggalkannya hanya karena Anda tidak punya waktu. Siapa tahu berawal dari hobi, kemudian menjadi sumber penghasilan Anda kelak.

7. Keberhasilan Anda tidak selalu ditentukan oleh jam kerja Anda. Justru apa yang Anda lakukan di luar lebih menentukan

Cukup kerja!  Waktu habis karena kesibukan kerja tidak selalu berarti Anda sukses dan cepat kaya

meningkatkan keterampilan diri melalui www.pexels.com

Ada banyak faktor penentu kesuksesan seseorang. Apa yang Anda lakukan di meja Anda 8 jam sehari hanyalah salah satunya. Apa yang Anda lakukan di luar bahkan lebih menentukan. Bagaimana Anda membangun hubungan, bukalah jaringan baru, meng-meningkatkan kemampuan pribadi, menghabiskan waktu bersama keluarga, dan mencoba berbagai potensi di luar pekerjaan bahkan lebih menentukan. Jadi, mengapa menghabiskan seluruh waktu Anda untuk bekerja?

Bekerja terlalu keras belum tentu membuat Anda kelebihan finansial. Pasalnya, menghabiskan banyak waktu di kantor justru akan memicu kerugian lainnya. Anda kehilangan kesempatan untuk bersosialisasi, menjalin hubungan, danmeningkatkan ketrampilan sendirian. Anda kehilangan waktu untuk merawat diri sendiri, dan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda nantinya. Keluarga Anda berhak untuk menghabiskan waktu bersama Anda, dan tubuh Anda memiliki hak untuk beristirahat dengan baik. Padahal kerja keras itu wajib, kamu juga butuh istirahat dan liburan. Hidup hanya sekali, bukan?

Cukup kerja. Anda tidak perlu dipaksa!

FB.Event.subscribe('message.send', function(targetUrl) _gaq.push(['_trackSocial', 'facebook', 'send', targetUrl]); );

FB.Event.subscribe('edge.create', function(targetUrl) _gaq.push(['_trackSocial', 'facebook', 'like', targetUrl]); );

FB.AppEvents.logPageView(); ;

// Load the SDK asynchronously (function(d, s, id) var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs); (document, 'script', 'facebook-jssdk'));



Sumber Inspirasi

Deni Demian Perkenalkan saya Deni Demian Renovtri salah satu tenaga pengajar di SDN 1 Nawin Hilir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.